Monday, January 26, 2009

Tidak bisa buka popup window di IE6

Hari ini revisit ke suatu masalah yang mungkin umum terjadi.. Yaitu instalasi Internet Explorer yang ngadat. Dulu waktu kami mroyek di Merpati, pernah kejadian seperti ini, dan kalau tidak salah kami solve dengan mengupdate service pack Windows di semua komputer OP (Planning). Tapi hari ini seorang temanku yang lain mengalami masalah yang agak berbeda, service pack nya sudah maximum, dan setelah mengalami trouble dengan IE 7 ia melakukan uninstall. Ternyata setelah uninstall, Internet Explorer (yang kini versi 6) masih ngadat. Ia tidak mau membuka pop up window, bahkan yang dicoding tanpa JavaScript sekalipun (just a simple A HREF="_BLANK" dst..).
Kemudian aku googling dan menemukan orang dengan masalah serupa. Meskipun masalah sebenarnya berbeda, tetapi orang ini sudah menulis semua langkah-langkah yang ia lakukan untuk meresolve masalah ini (dan gagal). Langkah terakhirnya (menginstall ulang Autodesk Trueview 2009), sama sekali tidak generik, dan tidak relevan untuk kasus ini. Untungnya, salah satu dari langkah-langkah sebelumnya berguna untuk Fino (menurutnya, langkah yang benar-benar membuat perbedaan adalah bagian regsvr32):
- membersihkan history dan temp files (http://support.microsoft.com/defaul...)

- melakukan Restore/Reset Default Settings dari IE6

- Menginstall ulang IE6 berdasarkan metoda no. 4 di artikel http://support.microsoft.com/kb/318378

- merestart print spooler

- menginstall ulang Java

- meregister ulang file-file berikut ini (lakukan di command prompt):

> cd \windows\system32

> regsvr32 Shdocvw.dll
> regsvr32 Shell32.dll
> regsvr32 Oleaut32.dll
> regsvr32 Actxprxy.dll
> regsvr32 Mshtml.dll
> regsvr32 Urlmon.dll

- menscan seluruh sistem dengan dua antivirus berbeda

Daftar langkah ini mungkin berguna jika ada orang yang perlu memperbaiki IE-nya yang ngadat.
By the way, kalau masih ngadat, saya menyarankan melihat list Add-Ons di Internet Options:Manage Add-Ons, dan mulai mendisable add-ons yang tidak penting (atau bahkan menguninstall program pembawa add-ons tsb)

No comments: