Thursday, May 1, 2008

Mumet nginstall eeePC

Karena ada sebuah project, maka saya dipinjami sebuah eeePC. Konon software yg saya buat hendak disimpan di situ, sehingga setelah saya beres tim lain tinggal melakukan antarmuka ke eeePC tersebut.
Nah.. eeePC-nya ga punya bluetooth ataupun modem (jadi ga bisa pake telkomnet instan, ga bisa pake handphone ku..) Aku install Kubuntu 7.04 menggunakan USB yg bootable.

Ternyata.. package yg kubutuhkan lebih dari standard install. Tadinya aku mengcopy-copy file debian package (.deb) dari /var/cache/apt/archives hasil install di Ubuntu yg hidup di dalam VMware Player di laptop (wuih.. panjang juga kalimatnya). Setelah capek ngopy2, maka cari2 cara lain.
Karena modem HSDPA ZTE milik kantor istriku lagi ada di rumah, pertama nyoba koneksi dengan modem itu (USB interface). Setelah habis beberapa jam dengan ngikutin http://blog.ufsoft.org/2007/11/30/zte-mf622-usb-modem-under-linux dan http://ex3me.org/2008/04/20/menginstall-zte-mf622-usb-modem-di-linux-ubuntu/
(mungkin karena pusing aja ya.. entah) akhirnya saya menyerah.
Terus nyoba menghubungkan Sony Ericsson K618i menggunakan kabel USB.. ternyata langsung kedetect, jadi modem di /dev/ttyACM0. (kok tadi ga inget bahwa selain bluetooth bisa pake kabel USB ya.. udah pikun..).
OK kupikir semua udah beres.. kalo download tinggal pake SE K618i itu dan kartu IM3ku..
Ternyata ditengah-tengah download mysql-server-5.0, pulsaku habis.
Uang di tangan cuman 20 ribuan, kagok kalo buat beli pulsa semua. Tadinya mau kusuruh istriku ngambil ke ATM (mau sekalian beli kukusan katanya), tapi ternyata hujan besar. Takut apa-apa di jalan, tidak jadi.

Di antara percobaan install tersebut (lupa persisnya kapan) saya berhasil menginstall driver madwifi untuk modul wirelessnya. Kemudian setelah berhasil menbuat eeePC itu jadi Access Point, terbersit ide untuk menggunakan Internet Connection Sharing windows XP untuk menghubungkan eeePC dengan laptop, yg mana terhubung ke telkomnet instan.. Akhirnya pake jasa Telkom juga..

2 comments:

A.D Setiawan said...

eeePC nggak punya modem yud?

Yudhi Widyatama said...

nggak.. cuma ada ethernet sama wiFi