Monday, April 21, 2008

Menilai project open source

Dengan adanya lusinan (puluhan?) framework open source, tidak mungkin kita memilih dengan cara mencobanya satu demi satu. Mungkin kita lihat yang mana yang populer di kalangan teman-teman kita atau mana yang sering disebut-sebut oleh artikel atau blog di internet.
Dengan adanya situs Ohloh (www.ohloh.net, yang sekilas saya sebut di posting sebelum ini), cara tadi menjadi kuno dan tidak terstruktur - di Ohloh kita bisa melakukan perbandingan antar project, menilai aktivitas kontributor tiap project, memperkirakan nilai project (berdasarkan jumlah baris - debatable indeed). Popularitas sebuah project dinilai dengan ukuran Stack - yaitu berapa orang user Ohloh yang memasukkan project tersebut ke technology stack-nya (dengan kata lain, aktif menggunakan hasil dari project tersebut). Ada juga penilaian ke individu yg terlibat dalam project2 (Kudos), yang didapatkan dari penilaian orang terhadapnya (sebetulnya ada banyak faktor dan cukup rumit). Ohloh juga menampilkan peta menunjukkan sebaran geografis.
Misalnya kita hendak mencari framework untuk php, kita bisa mencari dengan menggunakan tag, misalnya : "framework php". Dari hasil search, kita bisa melihat mana yang paling populer, atau bahkan bisa memilih tag berikutnya (dari suggestion yang muncul) untuk mempersempit hasil search.
Cuma, project summary, tag, dan informasi lain tampaknya harus diedit oleh editor manusia, dan kadang bisa menjadi tidak representatif kalau kebetulan belum ada orang yg mengisi dengan lengkap. Baru saja saya tambahkan summary untuk 'Struts 2' dan tag-tagnya, sehingga kalau kita cari dengan kriteria "framework java mvc" maka Struts 2 akan muncul bersama Wicket dan Tapestry. Ya, tampaknya ia memiliki semangat wiki, orang yang baru buat login pun bisa mengedit informasi mengenai suatu project.
Selamat membandingkan framework!

No comments: