Monday, May 19, 2008

OpenOffice problems

Aku membuat dokumen menggunakan OpenOffice.org Writer (Open Office 2.3), formatnya .odt. Ketika di export jadi PDF, angka-angka dalam gambar di dalamnya berubah jadi angka arab (Arabic numerals). Setelah upgrade ke OpenOffice 2.4, angka-angka itu kembali normal.

Karena bosku pakai Microsoft Office, supaya dia bisa membuka dokumen itu aku save sebagai .doc.
Ternyata, table of contentsnya jadi kacau (formatnya berantakan), lalu judul (Heading 1) juga berantakan. Setelah bolak-balik eksperimen, Table Of Contentsnya bisa dibereskan dengan menghapus semua tab stop di style Contents 1, Contents 2, dst yg digunakan sebagai isi ToC. Heading yang berantakan ternyata gara-gara Heading itu mendapat tambahan formatting berupa left indent dan first line indent, dengan mengembalikannya ke format sesuai asli dari stylenya (apply style sekali lagi, meskipun tidak ada hasil yang tampak di .odtnya), hasil save sebagai .doc menjadi sama rapihnya dengan dokumen asli dalam .odt.

Thursday, May 1, 2008

Mumet nginstall eeePC

Karena ada sebuah project, maka saya dipinjami sebuah eeePC. Konon software yg saya buat hendak disimpan di situ, sehingga setelah saya beres tim lain tinggal melakukan antarmuka ke eeePC tersebut.
Nah.. eeePC-nya ga punya bluetooth ataupun modem (jadi ga bisa pake telkomnet instan, ga bisa pake handphone ku..) Aku install Kubuntu 7.04 menggunakan USB yg bootable.

Ternyata.. package yg kubutuhkan lebih dari standard install. Tadinya aku mengcopy-copy file debian package (.deb) dari /var/cache/apt/archives hasil install di Ubuntu yg hidup di dalam VMware Player di laptop (wuih.. panjang juga kalimatnya). Setelah capek ngopy2, maka cari2 cara lain.
Karena modem HSDPA ZTE milik kantor istriku lagi ada di rumah, pertama nyoba koneksi dengan modem itu (USB interface). Setelah habis beberapa jam dengan ngikutin http://blog.ufsoft.org/2007/11/30/zte-mf622-usb-modem-under-linux dan http://ex3me.org/2008/04/20/menginstall-zte-mf622-usb-modem-di-linux-ubuntu/
(mungkin karena pusing aja ya.. entah) akhirnya saya menyerah.
Terus nyoba menghubungkan Sony Ericsson K618i menggunakan kabel USB.. ternyata langsung kedetect, jadi modem di /dev/ttyACM0. (kok tadi ga inget bahwa selain bluetooth bisa pake kabel USB ya.. udah pikun..).
OK kupikir semua udah beres.. kalo download tinggal pake SE K618i itu dan kartu IM3ku..
Ternyata ditengah-tengah download mysql-server-5.0, pulsaku habis.
Uang di tangan cuman 20 ribuan, kagok kalo buat beli pulsa semua. Tadinya mau kusuruh istriku ngambil ke ATM (mau sekalian beli kukusan katanya), tapi ternyata hujan besar. Takut apa-apa di jalan, tidak jadi.

Di antara percobaan install tersebut (lupa persisnya kapan) saya berhasil menginstall driver madwifi untuk modul wirelessnya. Kemudian setelah berhasil menbuat eeePC itu jadi Access Point, terbersit ide untuk menggunakan Internet Connection Sharing windows XP untuk menghubungkan eeePC dengan laptop, yg mana terhubung ke telkomnet instan.. Akhirnya pake jasa Telkom juga..

Using Atheros WiFi in Ubuntu

One of the thing that the Ubuntu lacked is a driver for my Atheros WiFi in my Acer laptop.
Recently I've been trying to make use of an Asus eeePC, which also had an Atheros WiFi. To my surprise, its WiFi is operational when booting from Xandros (eeePC customized, and debian OS-based). But Xandros is too much watered down for my usage (I need to install development environment for libsnmp9 and also need a working mysql server), so I'm installing Ubuntu in a Maxtor Basics Portable drive. Actually I installed a Kubuntu 7.04 Feisty Fawn, with KDE instead of Gnome desktop, but it shouldn't matter much (I hope.. thats the only installer I got back home). Reading this wiki article about Installing Ubuntu in eeePC, finally I found that madwifi is the solution.
To quote the steps :
sudo apt-get install build-essential
wget http://snapshots.madwifi.org/special/madwifi-ng-r2756+ar5007.tar.gz
tar zxvf madwifi-ng-r2756+ar5007.tar.gz
cd madwifi-ng-r2756+ar5007
make clean
make
sudo make install
reboot
Seems that the madwifi driver that works must be obtained from the snapshots site. I don't want to experiment using other version of the driver, so I use that version of the snapshot too.
But.. there is no wireless Access Point in my home. I must set up an ad-Hoc connection. Fiddling with
iwconfig ath0 mode Ad-Hoc
causes an error message. I began to wonder how I'm going to test the wifi driver, but browsing around for some time (hours? cant recall) then I found that the wifi interface's configuration can only be changed using wlanconfig
wlanconfig ath0 destroy
wlanconfig ath0 create wlandev wifi0 wlanmode ap
iwconfig ath0 essid ABCD
iwconfig ath0 nickname ABCD
iwconfig ath0 channel 6
ifconfig ath0 192.168.0.1
ifconfig ath0 down
ifconfig ath0 up

Now I got something better than an Ad-Hoc connection -- My Own WiFi Access Point ! :))
Funny, in the past I was complaining that I got an Atheros in the Acer laptop, I had no idea that Atheros could be configured as an Access Point.
If the steps doesn't work, try to reboot once, or fiddle transmit power settings (you should google for madwifi and iwpriv / iwconfig for that)
The same steps works both for my Acer laptop (using the same Kubuntu 7.04 - Feisty Fawn) and the Asus eeePC I borrowed. The original article is actually using an Ubuntu 8.04 Hardy as opposed to 7.04 Feisty, but fortunately it makes no difference.